Kamis, 26 Februari 2015

Kayu Yang Cocok Untuk Konstruksi Gedung

Kayu yang Sering Digunakan sebagai Bahan Konstruksi

Dalam sebuah konstruksi bangunan, kayu merupakan salah satu material bahan bangunan yang sering digunakan. Ada banyak jenis kayu yang bisa digunakan untuk bahan bangunan yang memiliki sifat dan ciri yang berbeda-beda. Jika anda ingin membuat bangunan dan menggunakan kayu sebagai salah satu bahannya, maka ada baiknya jika anda terlebih dahulu mengenali jenis dan ciri masing-masing kayu, hal tersebut bisa membantu anda dalam menentukan jenis kayu yang cocok dengan spesifikasi yang anda inginkan.

Kayu yang Sering Digunakan sebagai Bahan Konstruksi

Adapun beberapa jenis kayu yang sering digunakan sebagai bahan konstruksi diantaranya adalah :
Kayu yang Sering Digunakan sebagai Bahan Konstruksi

1.Kayu Jati

Kayu jati merupakan kayu primadona dan menjadi pilihan utama untuk digunakan sebagai bahan bangunan karena sifatnya yang kuat, tahan lama dan tahan terhadap rayap, jamur dan serangga. Selain itu kayu jati juga memiliki serat dan tekstur yang sangat indah.

2. Kayu Merbau

Kayu ini merupakan alternatif kedua setelah kayu jati. Termasuk dalam golongan kayu keras dan tahan terhadap serangga. Kayu merbau berwarna coklat kemerahan yang terkadang disertai dengan highlit kuning dan tekstur serat garisnya terputus-putus.

3. Kayu Bangkirai

Kayu ini termasuk dalam jenis kayu yang awet dan kuat serta tahan terhadap cuaca. Oleh karena itulah kayu ini banyak digunakan sebagai bahan untuk material konstruksi berat seperti atap kayu.

4. Kayu Kamper

Kayu kamper memiliki serat kayu yang halus dan indah, harganya pun cukup terjangkau sehingga banyak digunakan sebagai alternatif bahan bangunan meskipun kekuatan dan keawetannya tidak sekuat kayu jati dan kayu bangkirai.

5. Kayu Akasia

Kayu ini mampu bertahan hingga 20 tahun apabila diolah dengan baik. Memiliki pori-pori serat yang cukup rapat sehingga daya serap air kecil. Karena sifat pengerjaannya yang mudah, kayu ini banyak digunakan untuk bahan konstruksi dan juga bahan untuk furniture.

6. Kayu Ulin

Kayu ini memiliki warna yang gelap dan tahan terhadap air laut. Karena sifat khususnya yang awet dan kuat, kayu ini banyak digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan seperti atap, tiang, bahan bangunan jembatan, bantalan kereta api dan juga papan lantai atau kosen.

7. Kayu Gelam

Kayu ini banyak digunakan sebagai steger untuk konstruksi beton maupun sebagai cerucuk untuk pekerjaan jembatan dan sungai.

8. Kayu Meranti

Kayu ini memiliki tekstur yang tidak terlalu halus dan berwarna merah muda tua hingga pucat. Bersifat tidak tahan terhadap cuaca sehingga tidak cocok apabila digunakan di luar ruangan.
Itula beberapa jenis kayu yang sering digunakan sebagai bahan konstruksi. Semoga dengan membaca ulasan diatas anda pun semakin memahami jenis-jenis kayu dan dapat memilih jenis kayu yang sesuai dengan spesifikasi yang anda inginkan. Semoga bermanfaat.
Kami membutuhkan kayu sonokeling dari seluruh Indonesia.
Berminat menjadi supplier kayu sonokeling kami?
Hubungi:
Email Perusahaan : anugerahwood@yahoo.com
Alamat Kantor : Jalan Pondok, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah
Telepon Kantor & FAX : (0271) 626199

Sonokeling:


sumber :  http://www.sonokelingwood.com/kayu-yang-sering-digunakan-sebagai-bahan-konstruksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar